You are currently viewing Sumber Energi Terbarukan (Renewable Energy)

Sumber Energi Terbarukan (Renewable Energy)

Sudah saatnya kita beralih menggunakan sumber energi terbarukan atau “Renewable Energy” karena sumber energi terbarukan lebih ramah lingkungan, tidak menyebabkan polusi, mengurangi emisi karbon, dan meminimalisir efek perubahan iklim. Mari kita jadikan Indonesia semakin hijau untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Sumber energi terbaharui (Renewable Energy) adalah sumber energi yang dapat dan cepat diisi kembali oleh alam karena adanya proses berkelanjutan. Salah satu sumber energi terbaharui adalah energi angin karena angin akan terus berhembus selama matahari bersinar. Energi angin tidak menimbulkan polusi.

Energi air (Hydro Power) adalah satu dari lima sumber terbesar energi terbarukan. Energi ini dapat dimanfaatkan dan diubah menjadi listrik dan pembangkit listrik yang menggunakan energi fosil. Berbeda dengan sumber energi terbarukan lainnya, air akan terus menghasilkan tenaga non-stop dan ketersediaannya terus dihasilkan oleh adanya siklus hidrologi. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dihasilkan dari energi potensial air yang diubah menjadi energi mekanik oleh turbin dan energi tersebut yang selanjutnya diubah untuk menjadi energi listrik oleh generator dengan memanfaatkan ketinggian dan kecepatan air.

Baca Juga : Wrap Up Webinar “Implementasi ESG dalam Mendukung Green and Sustainability Energy

Biomass adalah material yang dikumpulkan dari makhluk hidup yang paling banyak digunakan sebagai sumber biomass energy adalah pohon. Mengapa? Karena pepohonan menyerap karbon dari atmosfer, mempertahankannya sampai kemudian dilepaskan melalui penguraian alami. Pohon-pohon baru ditanam untuk menciptakan keberlanjutan dan proses karbon netral.

Leave a Reply