Governansi

Dampak Penting, Risiko, Standar dan Perilaku

Kegiatan dan program yang dilakukan Mirekel ditujukan untuk memberikan pemahaman pentingnya faktor lingkungan, sosial, tata kelola perusahaan dan kolaborasi strategis dalam mendukung kegiatan bisnis berkelanjutan.

Ruang lingkup dari berbagai kegiatan dan program yang didukung oleh tenaga ahli Mirekel antara lain mencakup penilaian kualitas manajemen dan semua usulan kegiatan yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mengurangi dan membatasi risiko kejadian-kejadian yang tidak terduga. Sasaran yang ingin dicapai dengan berbagai program tersebut adalah pemetaan faktor-faktor risiko sistematis jangka panjang yang akan berdampak kepada keselarasan nilai perusahaan kepada kegiatan bisnis, meningkatkan keuntungan jangka panjang dan mengurangi risiko-risiko yang merugikan.

Mirekel menetapkan standar-standar terukur yang dapat dinikmati oleh klien dan mitranya yang dijabarkan dalam 4 (empat) hal, yaitu pertama adalah nilai kepada klien, berupa kualitas jasa profesional yang diberikan. Kedua, adalah dampak kepada klien, berupa solusi-solusi komprehensif, berkualitas, sesuai dengan tujuan yang ditetapkan dan sejalan dengan pembangunan berkelanjutan. Ketiga adalah konsultasi, pelatihan dan bantuan teknis. Keempat adalah pemahaman untuk menjalankan praktik pembangunan berkelanjutan dan kolaborasi ke dalam proses bisnis mereka. 

Nilai, Prinsip, Standar dan Norma Perilaku

Mirekel memiliki prinsip-prinsip utama yang diadopsi dalam operasional perusahaan sehingga karyawannya dapat membuat kontribusi terbaik dengan perilaku yang terhormat sejalan dengan norma-norma kebaikan dari kehidupan dan dalam organisasi dan masyarakat. Nilai, Prinsip, Standar dan Norma Perilaku dijabarkan dalam beberapa hal utama sebagai berikut :

Integritas – Kejujuran merupakan hal yang terdepan bagi setiap karyawan Mirekel dalam beraktivitas. Segala bentuk korupsi dan manipulasi harus senantiasi dihindari. Upaya mengaplikasikan nilai moral yang baik dan memelihara kehormatan dan citra diri dari organisasi dan pemangku kepentingan selalu menempati prioritas utama dalam kehidupan berorganisasi di Mirekel maupun sebagai individu.

Profesionalisme – Profesionalisme melekat dan menjadi kewajiban setiap karyawan Mirekel yang senantiasa memprioritaskan hal yang baik dan tepat. Komitmen penuh hanya kepada kontribusi dan pekerjaan baik untuk perusahaan, klien, dan pemangku kepentingan merupakan tuntutan yang harus dipenuhi.

Tata Kelola Perusahaan – Di Mirekel dterapkan sebuah sistem mekanisme dan proses yang mengatur dan mengendalikan hubungan antara manajemen dan pemangku kepentingan yang bertujuan untuk menciptakan nilai tambah untuk pihak-pihak yang berkepentingan. Hal ini dimaksudkan untuk membuat sebuah citra baik dan meningkatkan kredibilitas dan akuntabilitas dari Mirekel.

Praktik Manajemen Terbaik –  Kebijakan operasi standar dan prosedur dibuat oleh Mirekel untuk menyediakan panduan yang memastikan seluruh kegiatan operasional berjalan dengan baik. Setiap perbaikan yang diperlukan dan telah sesuai dengan kebijakan yang yang ada dapat dilakukan oleh Mirekel untuk pengembangan operasional perusahaan.

Kolaborasi – Penerapan sistem kolaborasi yang kolaboratif dilakukan oleh Mirekel dalam setiap kegiatannya, baik secara internal dan atau diantara pemangku kepentingan yang bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas organisasi untuk mengelola willingness dan loyalitas karyawan.  Keselarasan willilness dan loyalitas karyawan Mirekel dengan klien-klien dan para pemangku kepentingannya adalah sasaran dari kolaborasi yang strategis. Hal ini juga berdampak kepada peningkatan produktivitas untuk mempercepat kegiatan operasi dan meningkatkan profit.  

Daftar Pemangku Kepentingan

Mirekel memetakan para pemangku kepentingannya adalah semua perusahaan, korporasi dan lembaga milik pemerintah maupun swasta serta masyarakat yang kegiatan bisnisnya melekat kepada sektor pelestarian lingkungan dan stabilitas sosial. Setiap perusahaan, korporasi dan lembaga yang menerapkan tata kelola perusahaan dan proses kolaborasi strategis, juga merupakan para pemangku kepentingan yang sangat berperan keberadaannya bagi Mirekel.

Selama dua tahun ini, sejak didirikan pada tahun 2018, klien dan mitra kerjasama Mirekel diperoleh dari jejaring para pendirinya yang sebelumnya bekerja di perusahaan berskala internasional yang memfokuskan pada lingkungan, sosial, tata kelola perusahaan dan kolaborasi strategis (ESG & C/Environment, Social, Governance & Collaboration). Sebagai tambahan juga, Mirekel mempunyai afiliasi dengan Yayasan Anwar Muhammad Foundation (AMF) dan International Association for Public Participation (IAP2 Indonesia yang terafiliasi dengan IAP2 International di Amerika Serikat, Canada, Australia dan Afrika Selatan).